FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)
Q: Bagaimana saya dapat mengakses layanan APOK?
A : Pengguna dapat mengakses websitenya pada alamat https://apok.batam.go.id/.

Q: Perangkat apa yang saya butuhkan untuk mengakses situs web APOK?
A : Untuk mengakses situs web APOK, perangkat yang dibutuhkan:
a. Komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows, Linux atau MacOS yang dapat terhubung dengan koneksi internet.
b. Koneksi internet.
c. Browser yang terupdate contoh google chrome.

Q: Apakah layanan APOK berbayar?
A : Layanan APOK ini gratis dan tidak ada dipungut biaya apapun.

Q: Bagaimana gambaran alur kerja layanan APOK?
A : Berikut ini adalah gambar alur kerja layanan APOK:



PEMBUATAN AKUN
Q: Apakah saya harus memiliki akun untuk penggunaan APOK?
A : Pengguna harus mempunyai akun terlebih dahulu untuk dapat menggunakan APOK dan dalam melakukan pendaftaran akun, pengguna harus mempunyai nomor telepon untuk dapat membuat akun pada layanan APOK, karena verifikasi user harus menggunakan nomor telepon yang aktif.

Q: Apakah terdapat persyaratan khusus untuk memiliki akun pada APOK?
A : Persyaratan khususnya harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk WNI atau Passport untuk Warga Negara Asing (WNA) dan nomor telepon.

Q: Bagaimana saya dapat mendaftarkan akun baru pada aplikasi APOK?
A:

a. Pengguna memilih menu daftar.

b. Pengguna memilih menu daftar di sini.

c. Pengguna mengisi formulir pendaftaran akun.

d. Pengguna menerima email dan melakukan konfirmasi dan tekan button warna orange untuk konfirmasi.


Q: Apakah data pribadi saya akan dirahasiakan oleh aplikasi APOK?
A: Ya, data kontak pengguna akan dirahasiakan oleh APOK dari pengguna lainnya.

Q: Bagaimana saya dapat melakukan login di situ web APOK?
A:

a. Pengguna dapat masuk pada menu daftar atau link https://apok.batam.go.id/login.
b. Pengguna dapat login menggunakan NIK/ nomor passport dan mengisi password.


Q: Bagaimana saya dapat mengubah data profil akun saya di APOK ?
A:

Pengguna dapat memperbaharui data pribadi melalui menu profile pada status login pengguna di sebelah sudut kanan atas.


Q: Bagaimana saya dapat mengubah password pada akun saya di APOK ?
A:

Pengguna dapat merubah password melalui menu ganti password pada status login pengguna di sebelah sudut kanan atas.


Q: Bagaimana jika saya lupa password untuk login di APOK ?
A:

a. Pengguna bisa mengklik link lupa kata sandi?, untuk mengubah password.

b. Pengguna memasukkan alamat email untuk bisa mereset ulang kata sandinya menjadi kata sandi yang baru.

c. Pengguna mendapatkan notifikasi reset password, lalu klik button warna orange untuk masuk ke link reset password.

d. Pengguna dapat memasukkan password baru.